Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penting Bagi Guru
Bagi sebagian guru melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) tidaklah semudah membalikan telapak tangan, melakukan PTK berarti seorang guru harus benar-benar menyiapkan waktu, tenaga, materi, yang tidak sedikit, bahkan kadang menjadi momok tersendiri karena PTK berarti membuat karya ilmiah yang berarti guru harus menulis. Menulis inilah yang kadang tidak semua guru mampu, walaupun kalau ditilik dari latar belakang pendidikan seorang guru yang lulusan Sarjana, tentunya menulis sudah pernah dilakukan pada saat menulis karya ilmiah berupa skripsi atau tugas akhir sebagai sarjana.
Dibawah ini saya tuliskan penjelasan singkat tentang Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang saya ambil dari buku PENELITIAN TINDAKAN KELAS yang disusun oleh: Rustam, Mundilarto dan Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
PTK memiliki karakteristik sebagai berikut:
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK ?
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru adalah sebagai berikut:
Dibawah ini saya tuliskan penjelasan singkat tentang Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang saya ambil dari buku PENELITIAN TINDAKAN KELAS yang disusun oleh: Rustam, Mundilarto dan Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
PTK memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Masalah berawal dari guru
- Tujuannya memperbaiki pembelajaran
- Metode utama adalah refleksi diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
- Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
- Guru bertindak sebagai pengajar dan peneliti.
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK ?
- Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya
- Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
- Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya
- Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
- Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru adalah sebagai berikut:
- Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran
- Meningkatkan profesionalitas guru
- Meningkatkan rasa percaya diri guru
- Memungkinkan guru secara aktifmengembangkan pengetahuan dan keterampilannya
Tidak ada komentar: