Deskripsi Keahlian Guru TIK Dalam Kisi-Kisi Mapel TIK SMP UKG 2017
Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Dari kisi-kisi resmi Pretest UKG Mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tahun 2017 yang didapat dari situs resmi, untuk deskripsi keahlian yang perlu guru TIK perhatikan adalah sebagai berikut:
- Mengoperasikan computer personal dan periferalnya
- Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal.
- Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek
- Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal
- Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal
- Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server
- Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi
- Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel)
- Membuat dan memelihara situs laman (web)
- Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile)
- Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video
- Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi
- Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan
- Mengoperasi-kan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran
- Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal
- Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya.
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
- Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam
- Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
Tidak ada komentar: