Deskripsi Keahlian Guru Kelas SD Dalam Kisi-Kisi UKG 2017 (Kelas Atas)
Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Berikut 41 Deskripsi Keahlian Guru Kelas SD Dalam Kisi-Kisi UKG 2017 (Kelas Atas):
- Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
- Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
- Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
- Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
- Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru,
- Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
- Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
- Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
- Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
- Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
- Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
- Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.
- Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
- Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
- Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
- Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global
- Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
- Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
- Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar
- Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
- Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI
- Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
Tidak ada komentar: