Info Penting

Contoh Soal dan Pembahasan IPA SMP/MTS Kelas 9 untuk Persiapan USBN, UN/UNBK

1. Perhatikan besaran turunan berikut ini: (1) percepatan (2) gaya (3) energi (4) tekanan (5) massa jenis Besaran turunan yang sa...

Artikel Terbaru

Deskripsi Keahlian Guru Kelas SD Dalam Kisi-Kisi UKG 2017 (Kelas Atas)

Sabtu, 19 Agustus 2017 - -

Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Berikut 41 Deskripsi Keahlian Guru Kelas SD Dalam Kisi-Kisi UKG 2017 (Kelas Atas):

  1. Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
  2. Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
  3. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
  4. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
  5. Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
  6. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  7. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
  8. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran  secara utuh.
  9. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam  pembelajaran.
  10. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
  11. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru,
  12. Menentukan aspek-aspek proses dan  hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan  karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
  13. Mengembangkan  instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  14. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
  15. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.
  16. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
  17. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  18. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
  19. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan  bahasa.
  20. Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
  21. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  22. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
  23. Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
  24. Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
  25. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
  26. Mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  27. Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.
  28. Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
  29. Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
  30. Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
  31. Memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global
  32. Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
  33. Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
  34. Menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar
  35. Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
  36. Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI
  37. Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
  38. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
  39. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan  keprofesionalan.
  40. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
  41. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  untuk pengembangan diri.

Tidak ada komentar:

Follow Me


Sering Dibaca

Iklan

Tutorial Blogger

Arsip Blog

Statistik