Deskripsi Keahlian dan Indikator Mapel Bhs. Indonesia SMP Dalam Kisi-Kisi UKG 2017
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 1967 -
Kisi-kisi pretest UKG 2017 semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dan semua mata pelajaran bisa anda download di posting sebelumnya (Download Kisi-Kisi UKG 2017 Lengkap). Berikut 29 Deskripsi Keahlian dan 48 Indikator Mapel Bhs. Indonesia SMP Dalam Kisi-Kisi UKG 2017:
Deskripsi Keahlian Guru Bhs. Indonesia SMP:
Deskripsi Keahlian Guru Bhs. Indonesia SMP:
- Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar
- Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal.
- Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
- Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
- Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
- Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif.
- Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
Deskripsi Indikator Guru Bhs. Indonesia SMP:
- Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik.
- Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa.
- Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (0)
- menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
- Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
- Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
- Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
- Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
- Melakukan komunikasi secara efektif
- Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan
- Menyusun instrumen pengetahuan
- Menentukan pencapaian kompetensi
- Menganalisis ketercapaian KKM
- Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian
- Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
- membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
- Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
- Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
- Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
- Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik).
- Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia.
- Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia.
- Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia.
- Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis).
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional).
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif.
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif.
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif.
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif.
- Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia
- Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Menjelaskan teori dan genre puisi Indonesia
- Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia
- Mengapresiasi puisi Indonesia
- Menulis puisi Indonesia
- Mengapresiasi prosa Indonesia
- Menulis prosa Indonesia
- Mengapresiasi teks drama Indonesia
- Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
- Membuat kritik sastra Indonesia
- Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa.
- Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD.
- Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa.
- Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi sebagai penunjang PKB.
Tidak ada komentar: